Sajian kuliner khas untuk rayakan Chuseok

      Comments Off on Sajian kuliner khas untuk rayakan Chuseok

Chuseok merupakan perayaan besar Korea dalam festival hasil panen. Chuseok ini dirayakan besar-besaran di negara ginseng tersebut. Untuk itu,

Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel turut merayakan hari Thanksgiving Korea, Chuseok, dengan mempersembahkan ragam hidangan khas untuk para tamu yang merayakan hari istimewa bersama keluarga di restaurant Anigre.

Pada hari Chuseok, Restaurant Anigre menawarkan makan malam buffet yang menyediakan beraneka macam selera Korea. Mulai dari makanan pembuka, makanan utama, dan makanan manis penutup. Tidak hanya itu, para tamu juga bisa mencicipi Kimchi yang segar, Songpyeon yaitu Kue Beras Korea, Jeon yaitu Pancake Korea, dan stall tempura yang crispy.

Chuseok adalah salah satu hari libur nasional paling penting di Korea. Chuseok adalah hari peringatan panen raya yang melimpah dan simbol kekayaan Korea. Bahkan ada pepatah Korea mengatakan, “Jangan berharap untuk mendapatkan kesejahteraan yang lebih banyak atau lebih sedikit, tapi berharaplah agar setiap hari bisa seperti Chuseok.”

Pada 2018, Chuseok jatuh pada tanggal 24 September. Biasanya seluruh keluarga besar berkumpul untuk merayakan bersama, dengan saling berbagi makanan, cerita dan berterimakasih kepada para leluhur. Banyak orang Korea pulang kampung untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, dan juga teman-teman.

Liburan Chuseok juga memberikan kesempatan untuk kembali menikmati budaya tradsional di seluruh Korea. Di hari Chuseok, anggota keluarga berkumpul di rumah mereka untuk mengenang para leluhur dengan upacara yang disebut charye.

Selama upacara ini, beras yang baru saja dipanen, minuman beralkohol dan songpyeon disiapkan untuk persembahan bagi para leluhur. Setelah upacara, mereka kemudian berkumpul untuk makan hidangan istimewa bersama-sama.

Banyak makanan yang khusus disiapkan untuk merayakan Chuseok dan panen raya. Salah satu makanan yang wajib dihidangkan adalah songpyeon. Songpyeon dibuat dari tepung beras, dan dibentuk lebih kecil dari bola golf, kemudian diisi dengan wijen, kacang, kacang merah, dan kacang mede.

Ketika songpyeon dikukus, kue beras ini diberi dengan batang pinus agar harum. Ini merupakan tradisi kuno bahwa seluruh keluarga berkumpul bersama membuat songpyeon di malam Chuseok.

Selain itu, makanan khas yang pasti dihidangkan ketika Chuseok adalah Jeon dan minuman tradisional Korea. Jeon dibuat dengan memotong ikan, daging dan sayuran. Bahan ini kemudian dimasukan ke dalam kocokan telur dan tepung terigu lalu digoreng. Makanan-makanan ini kemudian dipasangkan dengan minuman tradisional Korea.

Bagi Anda yang ingin merayakan Chuseok Festival di Jakarta dapat menikmati sajian kuliner khas hari perayaan besar ini di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City dengan harga berkisar Rp. 468.000.