Seperti Apa Lezatnya Keju Termahal di Dunia?

      Comments Off on Seperti Apa Lezatnya Keju Termahal di Dunia?

Di Indonesia, keju memang bukan termasuk bahan makanan pokok sebagaimana di negara-negara barat. Akan tetapi, keju cukup mendapat tempat di hati sebagian orang yang menyukai masakan bergaya barat. Beberapa event khusus keju sudah terselenggara di Jakarta.

Jika Anda termasuk salah satu pecinta keju, Anda tentu tahu varian-varian keju, mulai dari mozzarella, cheddar, dan sebagainya.

Beragam varian keju digunakan untuk olahan yang berbeda, mulai dari hidangan utama seperti Mac N Cheese, spageti, pizza, sampai sajian penutup seperti cake, kue kering, dan lainnya.

Keju juga bisa dimakan tanpa diolah terlebih dahulu. Terkadang konsumsi keju dipadankan dengan minuman wine.

Apakah Anda pernah mencicipi keju yang memiliki harga termahal di dunia? Melansir halaman Forbes pada Minggu (25/2/18), berikut ini adalah 3 jenis keju yang paling mahal di dunia.

Harga keju ini mencapai 200 dollar Amerika atau sekitar 2,8 juta rupiah per 500 gram. Keju ini diproduksi oleh keluarga Wyke di Inggris sejak tahun 1860an. Keju ini memiliki rasa yang kuat dan butuh waktu 12 bulan untuk mewujudkan rasa optimal. Produk keju ini merupakan yang paling terkenal di antara keju-keju lain buatan keluarga Wyke.

 

White Stilton Gold

White Stilton Gold merupakan keju buatan Long Clawson Dairy yang berlokasi di Leicestershire, Inggris. Produk tersebut tidak tersedia sepanjang waktu melainkan hanya selama musim liburan tiba. Produk ini adalah keju putih yang dibuat menggunakan elemen emas asli. Harganya adalah 400 dollar Amerika atau sekitar 5,7 juta rupiah per 500 gram.

Pule

Keju ini merupakan keju termahal yang ada dan tidak dijual di pasar umum. Bahan dan cara pembuatannya membuat keju ini menjadi sangat mahal. Susu yang digunakan untuk membuat keju ini bukan susu sapi atau domba, melainkan susu keledai Balkan yang berasal dari Serbia dan Montenegro. Diperlukan 25 liter susu untuk membuat 1 kilogram pule. Untuk 500 gram pule, harganya adalah 600 dollar Amerika atau sekitar 8,5 juta rupiah.