Tacros, ‘Anak Pertama’ dari Perkawinan Taco dan Croissant

      Comments Off on Tacros, ‘Anak Pertama’ dari Perkawinan Taco dan Croissant

Dunia kuliner penuh dengan inovasi dan kreativitas tanpa batas. Setelah beberapa waktu lalu, digemparkan dengan munculnya cronut yaitu campuran croissant dengan donut karya chef Dominique Ansel, kini croissant ‘kawin lagi’ dengan jenis pastry lainnya.

Croissant dengan tekstur yang berlayer atau flakes ini ‘kawin lagi’ dengan taco, makanan khas Meksiko.

Perkawinan croissant dengan taco menghasilkan keturunan yang disebut tacros.

Tacros merupakan ‘croissant’ yang dilipat dan diisi dengan aneka isian gurih seperti daging panggang, ayam dengan alpukat, daging babi dengan nanas, nangka panggang dengan manggo salsa.

Tacro juga ditambahkan dengan irisan lobak, acar bawang, daun ketumbar segar dan disajikan dengan irisan jeruk nipis, avocado salsa dan chili salsa.

Sekilas isinya mungkin terlihat seperti taco biasa, namun perbedaannya terlihat pada ‘roti’ yang dipakainya. Jika taco biasa menggunakan roti tortila tipis, tacros menggunakan ‘tortila’ croissant yang berlapis-lapis sehingga terasa lebih renyah.

Makanan ini merupakan hasil kresai pasangan suami istri Arnaud Goethals dan Julie Vandermeersch yang juga pemilik toko roti Vive La Tarte di San Fransisco.

“Satu hal yang kami coba untuk lakukan dengan toko roti ini adalah untuk menyeimbangkan tradisi, melakukan hal yang benar, dan membuat segalanya jadi lebih menyenangkan dan menarik,” kata Goethals dikutip dari Eater.

“Kami ingin berpikiran terbuka dan mencoba berbagai hal.”

vivelatarte

Manurut Lonely Planet, Jimmy Houghton, direktur kreatif toko roti ini mengungkapkan, membutuhkan waktu dua bulan bagi timnya dalam mengembangkan resep ini. Mereka menyesuaikan adonan croissant manis klasik agar lebih gurih dan kombinasi ini telah menjadi hit.

Pada hari pertama, 100 tacro terjual habis dalam waktu kurang dari dua jam.

“Kami sudah kehabisan tacros dalam waktu dua jam kemarin. Terima kasih,” tulis Vive La Tarte dalam akun instagramnya.

Julie dan Arnaud awalnya menjual kue ini dari mobil VW oranye mereka pada tahun 2011, dan akhirnya mendirikan toko roti pertama mereka. Lokasi kedua mereka telah di buka di Ferry Building, San Francisco.