Tak Perlu Khawatir, Kini Implan Payudara Tak Gampang Pecah

      4 Comments on Tak Perlu Khawatir, Kini Implan Payudara Tak Gampang Pecah

Saat wanita ingin memperbesar payudara, implan silikon kerap menjadi pilihan. Namun, salah satu kecemasan yang tebersit, yakni ada ketakutan bila implan payudara pecah.

Anda tak perlu cemas, implan payudara yang berbahan silikon kini sudah mengalami kemajuan. Bahan implan silikon terbuat dari bahan kohesif (tidak akan pecah). Kalau pun pecah, efek pecah tidak akan menyebar.

“Masih bisa bersatu lagi (menyambung),” kata Dokter Spesialis Bedah Plastik dan Rekonstruksi Imam Susanto ¬†saat ditemui di RS EMC Sentul, Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu, ditulis Selasa (11/9/2018).

Implan silikon bila dikerjakan dengan baik oleh dokter bedah plastik itu aman. Seiring zaman, bahan pembuatan implan silikon makin bagus dan tidak mudah pecah.

“Dulu pernah ada kasus, implan silikon pecah. Buatan Prancis itu. Kejadiannya di bawah tahun 2000. Sekarang (kasus implan payudara pecah) sudah enggak ada lagi,” Imam melanjutkan.

Tahan 10 tahun

Implan silikon payudara yang dipasang pada payudara mampu bertahan dalam jangka waktu lama. Berdasarkan keetentuan Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, implan silikon harus diganti 10 tahun sekali.

“Kalau di Brasil (implan) bisa diganti lebih dari 10 tahun atau selama tidak mengganggu ya tidak diangkat (diganti),” Imam menambahkan.

Untuk keamanan implan silikon, penerima implan juga perlu kontrol secara teratur. Hal ini untuk mendeteksi, apakah ada kanker atau tanda penyakit lainnya. Deteksi dilakukan dengan Magnetic resonance imaging (MRI).

“Sebenarnya enggak ada hubungannya antara kemunculan kanker karena pemasangan implan. Kanker bisa tumbuh saja (tanpa dipicu kehadiran implan),” jelas Imam.

Bagi ibu menyusui yang punya implan payudara tetap bisa menyusui. Di sisi lain, implan memang dapat membentuk payudara jadi lebih bagus.