Ternyata Ini Alasan Ilmiah Mengapa Kamu Bertangan Kanan atau Kidal

      Comments Off on Ternyata Ini Alasan Ilmiah Mengapa Kamu Bertangan Kanan atau Kidal

      Ada orang yang terlahir bertangan kanan dan ada juga yang kidal. Meski memang lebih banyak orang yang menggunakan tangan kanan, tapi kenyataan bahwa ada orang-orang yang bertangan kidal seringkali menimbulkan pertanyaan, bagaimana bisa seseorang terlahir kidal?

Dan hal ini ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah lho. Banyak peneliti mengasumsikan bahwa hal ini dipengaruhi gen tertentu, ternyata tidak lho. Peneliti dari Ruhr-Universitat Bochum menganalisis bahwa ternyata asal mula orang bisa bertangan kanan dan kidal adalah dari sumsum tulang belakang.

Penelitian yang dilakukan Februari 2017 dan diterbitkan dalam jurnal eLife ini menjelaskan bahwa gerakan lengan dan tangan dimulai melalui korteks motorik di otak, mengirimkan sinyal yang sesuai ke sumsum tulang belakang. Perintah ini kemudian diubah menjadi gerakan oleh syaraf yang dinilai paling kuat menerima perintah.

Dan seperti orang bertangan kanan, orang kidal merasakan tangan kirinya lebih kuat dan dominan dibandingkan tangan kanannya. Sehingga tangan inilah yang kemudian mendominasi gerakan untuk menerima perintah dari otak.

Para peneliti mendeteksi adanya perbedaan kanan-kiri yang tepat pada minggu ke delapan penelitian di segmen tulang belakang yang mengendalikan gerakan lengan dan kaki. Jadi, mengapa orang bisa kidal? Karena syaraf yang bisa menerima perintah dari sumsum tulang belakangnya adalah tangan kiri.